definisi pr

                                        DEFINISI - DEFINISI MENURUT PARA AHLI
1. Definisi PR menurut (british) Institute Of Public Relations: PR adalah kseluruhan upaya yang dilkukan secara terencana dan brkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik( goodwill ) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khlayaknya
Analisis :
a) upaya yang terencana dan berkesinambungan- ini berarti , PR adalah suatu rangkaian yng diorganisasikan sebagai suatu rngakian kampanye atau program terpadu dan semuanya belangsung secara berkesinambungandan teratur jadi PR bukanlah kegiatan yang sifatnya sembarangan tetapi penuh dengan perencanaan
b) tujuan utamanya ialah menciptakan dan memellihahara saling penegertian- maksudnya organisasi itu agar senangtiasa dimngerti oleh pihak-pihak lain yang mempunyai kepentingan . dengan adanya kata saling , maka berarti organisai juga harus memahami setiap kelompok dan individu yang terlibat dengannya.
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 9-10 )

2. definisi PR menurut frank jefkins – PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana baik itu kedalam maupun keluar antara suatu organisasi dengan semua khlayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan saling pengertian .
Analisis :
a) bagian pertama dari definisi ini sama seperti yang telah diutarakan oleh ipr. Hanya saja unsure tujuanya lebih terperinci , yaitu tidak hanya terbatas saling pengertian saja melainkan juga berbagai tujuan khusus lainnya yang sedikit banyak berkaitan dengan saling pengertian ittu. Tujuan khusus itu meliputi penanggulangan masalah komunikasi yang memerlukan suatu perubahan tertentu , misalnya mengubah sikap negative menjadi positif.
b) PR menggunakan metode manajemen berdasarkan tujuan , dalam mengejar suatu tujuan , semua hasil atau tinbgkat kemajuan yang dicapai harus diukur secara jelas , mengingat pr pr merupakan kegiatan yang nyata , kenyataan ini dengan tegas menyangkal anggapan yang keliru yang mengatakan pr merupakan suatu kegiatan yang abstrak, bila anda melakukan kegiatan pr untuk mencapai tujuan tertentu , anda pasti bias mengukur hasil-hasil yang sudah dicapai kalau perlu , anda bisa menerapkan tehnik-tehnik riset pemsaran untuk menguji tingkat keberhasilan atau tingkat kegagalan sebuah kampanye pr yang anda lancarkan.
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 10 )

3. Definisi PR menurut asosiasi pr meksiko- praktik pr adalah sebuah seni sekaligus ilmu social yang menganalisis berbagai kecendrungan , memperkirakan setiap kemungkinan konsekuensinya , memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi serta menerapkan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisai serta menerapkan program –program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan kepentingan khlayaknya .
Analisis:
a) Pernyataan meksiko menyinggung soal menganalisa kecendrungan , yang mengisyaratkan bahwa kita juga menerapkan tehnik-tehnik riset sebelum merencanakan kegiatan pr.
b) Definisi tersebut mencakup aspek-aspek pr dengan aspek-aspek ilmu social dari suatu organisasi atas kepentingan masyarakat luas . setiap organisasi dinilai berdasarkan sepak terjangnya . jelas bahwa pr berdasarkan pada niat baik dan nama baik.
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 10-11 )

4) Definisi periklanan ( advertising)- menurut institute of practitioners in advertising (IPA) adalah sebagai berikut : periklanan mengupayakan suatu pesan penjualan yang superpersuasif mungkin kepada calon pembeli yang paling tepat atas suatu produk atau jasa tertentu dengan biaya semurah-murahnya.
Analisis :
a) periklanan mengupayakan suatu pesan penjualan yang sepresuasif mungkin melalui keahlian kreatif pada bidang-bidang copy writing, ilustrasi , layout, tipografi, scripwriting yang didasarkan pada suatu tema tertentu atau copy platform yang penekanannya pada penjualan
b) penggunaan riset pemasaran untuk mengetahui calon konsumen yang paling tepat untuk menentukan media iklan yang akan digunakan
c) seiring dengan pernyataan b dengan diketahui calon konsumen maka pemilihan media akan lebih efektif untuk menghemat biaya.namun hal ini menjadi relative jika dibandingkan ukuran pasar yang hendak dibidik.
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 11-12 )

5) Definisi public affair ( urusan umum) ini adalah gagasan yang muncul pertama kali dan berkembang dia merika serikat bahwa kegiatan-kegiatan ‘urusan-urusanumum’ ini merupakan sebagian cangkupan kegiatan pr. Kegiatan-kegiatan penaganan urusan umum tersebut lebih ditekankan pada upaya penyebar luasan informasi dan pengetahuan mengenai perusahaan ( sebagai suatu unit social atau organisasi ) kepada khalayak nya dan kurang memberikan perhatian kepada penyebaran berbagai informasi produk-produk dari perusahaan tersebut. meskipun demikian , bidang public affairs ini cukup penting namun belum semua perusahaan menyadarinya.
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 427 )


6) pengertian lobi ( lobbying). Dahulu , bila para pengusaha akan mengadakan pertemuan dagang tau pembicaraan pendahuluan dalam mencari peluang bisnisnya diadakan di lobi-lobi hotel. Konon diduga bahwa pembicaraan di lobi hotel itu maka muncul istilah lobbying( lobi). Perkembangan selanjutnya , tidak hanya urusan dagang / bisnis saja tetapi semua pendekatan awal yang menjurus ke suatu tujuan yang menguntungkan kedua belah pihak , disebut lobi. Istilah lain yang lebih tepat untuk lobbying adalah pendekatan karena pembicaraan bisnis tidak hanya dilakukan di hotel saja juga di tempat rekreasi . Jadi istilah approaching sebagai kata lobbying. Jadi lobbying ialah pendekatan yang dilakukan untuk menjurus kepada suatu keuntungan.
Sumber: ( Soeganda Priyatna Dan Elvinaro Ardianto, Komunikasi Bisnis Widya Padjajaran, Jakarta , 2009, Hal 122 )

7) pengertian press agency = news agency – kantor berita adalah suatu perusahaan yang bergerak khusus di bidang pengumpulan dan penjualan berita atau artikel ke berbagai media , atau memasok liputan-liputan berita local. Selain yang berskala nasional , banyak pula kantor berita yang berskla internasional yang mengumpulkan dan memasok dan mendistribusikan berita dari suatu Negara ke Negara yang lain. Beberapa contoh kantor berita adalah American association , the news china gency dan lain-lain
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 100 )

8) definisi publistik=publistas : dampak dari yang diketahui dari suatu informasi, artinya publisitas memuculkan suatu citra berdasarkan informasi tertentu
Sumber: ( Frank jefkins, public relations, erlangga, Jakarta , 2003, Hal 19 )

Komentar

Postingan Populer