pelajaran yang saya petik saat membantu pelaksanaan acara


                                                                            my experience

 assalamualaikum wrb
         ada berbagai hal yang saya catat pada saat saya membantu pelaksanaan acara di diskominfo pde yang dapat saya pelajari dari pelaksanaan acara tersebut ada banyak bagaimana cara memperlakukan peserta bagaimana cara mengakrabkan diri dengan peserta maupun narasumber yang pada saat itu dari pak Desarhadi dan pak Mulyadi muthalib, acara ini ialah acara yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Riau, untuk memberikan pelatihan dan pengalaman kepada insan-insan teater riau untuk wawasan yang lebih luas tentang keteateran tanah air. pada pelatihan ini sebagai pembantu panitia saya menemukan sebuah gairah yang ada dalam diri saya di saat melihat para peserta berlatih tari dan musik, tubuh dan imajinasi saya seolah melayang dan terhanyut dengan pertunjukkan musik dan tarian mereka, mungkin ini bisa saya maklumi saat saya masih kecil dan masih tinggal di jawa saya pernah merasakan gairah itu dimana saat penari2 reog menari dan memainkan instrumen mereka saya dengan bebas ikut menari dan beratraksi dengan mereka, namun semenjak sd dan pindah ke sumatra saya tidak pernah melakukan itu lagi, maafkan saya jika tulisan ini banyak curhatnyaah ok langsung ke inti :
tahap2 yang harus di persiapkan dan dilakukan  serta di perhatikan pada saat penyelenggaraan acara menurut versi saya ialah:

1. tahap persiapan yang aharus di perhatikan:
  • menyiapkan akomodasi yang mumpuni kepada peserta dengan memperhatikan kebutuhan penyelenggaraan acara mereka.
  • memeriksa perangkat penunjang dan memeriksa kesesuaiannya
  • memeriksa kesesuaian akomodasi agar sesuai dan menunjang kesiapan acara
  • menyediakan perangkat administrasi berjaga2 jika tiba2 ada peserta yang membutuhkan, seperti surat izin untuk instansinya
  • mempersiapkan perangkat medis atau kesehatan jika peseerta membutuhkan.
2. tahap penyambutan tamu yang perlu di  perhatikan
  • memberikan id + jadwal acara pada saat check in kepada peserta
  • pengisian absen dan biodata saat peserta memasukii forum dan sebelum acara di mulai
3. tahap penataan ruang forum yang harus di perhatikan
  • memperhatikan kenyamanan tempat duduk peserta memastikan mereka dpat dengan mudah bergerak dan tidak terhambat baik dari segi gerakkan maupun sudut pandang.
  • melebihkan jumlah komposissi tempat duduk max 5% dari jumlah peserta.
  • memastikan kesesuaian alat identifikasi acara seperti spanduk atau banner agar identik satu sama lain.
  • memeriksa alat penunjang acara seperti sound system, ohp atau projector harus selalu siap dan sesuai kebutuhan.
4. tahap penyediaan akomodasi yang harus diperhatikan.
  •  menata menu makanan berdassarkan kondisi kesehatan peserta hari demi hari.
  •  menata posisi kamar peserta harus strategis agar mudah berkoordinasi dengan panitia.
  •  menyediakan obat2an atai perangkat medis untuk mmenjaga kesehatan peserta + memantau kondisi kesehatan mereka
demikian pengalaman saya jika ada kesalahan mohon maaafkan karena niat saya hanya untuk berbagi. Wassalamualaikum.


 

Komentar

Postingan Populer